Minggu, 14 Oktober 2012

Cara Menghilangkan Stress Berat

Cara Menghilangkan Stress Berat. Stress merupakan keadaan dimana kita merasa tidak nyaman, terbebani oleh sesuatu masalah yang tidak bisa kita atasi sehingga menyebabkan perasaan menjadi tidak karuan. Penyakit stress itu ada yang ringan dan ada stress berat dan hal ini bisa menimpa siapa saja mulai dari anak kecil, remaja, dewasa sampai orang tua. Penyebabnya pun bermacam-macam, Namun yang paling mencolok dari penyebab stress adalah karena masalah pekerjaan.
Cara Menghilangkan Stress Berat
Berbagai masalah yang menimpa kita secara tidak sengaja memicu faktor stress. Tiap usia kita memiliki masalah pemicu stress yang berbeda-beda. Seperti jika yang muda faktor stress biasanya disebabkan oleh masalah pacar, sekolah dan kebutuhan hidup. Bagi Orang Tua seperti masalah kenakalan anak, kebutuhan hidup. Semuanya itu akan menimbulkan penyakit stress

Stress berat bisa menimbulkan berbagai penyakit mulai dari sakit kepala ringan, sampai penyakit kanker dan stroke. Hal ini di akibatkan oleh stres yang berkepanjangan (kronik) akan menyebabkan sistem kekebalan tubuh (imun) menurun sehingga tubuh mudah terserang penyakit.

Karena Stress itu berbahaya, maka kita harus menghindari diri dari stress. Namun kondisi ini bukanlah dari diri sendiri namun biasanya tekanan itu datangnya dari luar. Oleh karena itu ada berbagai tips menarik bagaimana cara menghilangkan stress terutama stress berat.

Berikut beberapa cara mengatasi stress yang bisa membantu anda:

  1. Cara Menghilangkan Stress dengan tertawa
    Terapi tertawa untuk mengurangi stres sudah banyak dilakukan orang. Tertawa 5-10 menit bisa merangsang pengeluaran endorphine dan serotonin, yaitu sejenis morfin alami tubuh dan juga metanonin. Ketiga zat ini merupakan zat baik untuk otak sehingga kita bisa merasa lebih tenang.

  2. Terapi tertawa merupakan teknik yang mudah dilakukan, tetapi efeknya sangat luar biasa, bahkan dapat menyembuhkan pasien dengan gangguan mental akibat stres berat. Tertawa dalam dunia medis, merupakan obat mujarab ganguan stres atau ganguan penyakit lainnya.
  3. Mengatasi Stress dengan rajin berolah raga
  4. Dengan rajin berolahraga, pikiran dan konsentrasi akan meningkat. Hal ini juga membantu kita tetap fokus dalam melakukan pekerjaan sehingga beban stress akan berkurang.
  5. Salurkan Hobby Anda
  6. Dengan menyalurkan hobby dapat mengalihkan perasaan stress yang melanda sehingga mampu membuat otak kembali berfikir positif dalam memecahkan masalah. Itulah mengapa banyak para karyawan atau pekerja kantoran yang benar-benar memamfaatkan hari liburnya bersama keluarga hanya untuk pergi rekreasi dan melakukan hal-hal yang disenanginya seperti memancing, menanam bunga dll.
  7. Mendengar Musik mampu meransang otak untuk Rileks
  8. Mengatasi stress dengan cara mendengarkan music adalah cara merangsang otak merasakan rileksasi. Untuk mengatasi stress dengan cara ini pilihlah musik – musik rileksasi seperti soft music instrumental.
  9. Atasi stress dengan curhat
  10. Sampaikanlah segala permasalahan anda kepada istri, kawan dekat, sahabat atau orang dekat lainnya. Hal ini bisa membuat perasaan anda terasa lebih lega, walau anda belum menemukan jawaban namun tips ini dijamin bisa melegakan beban anda.
  11. Selalu bersyukur dan berdoa
  12. Terapi stress dengan bersyukur dan berserah diri kepada Sang Pencipta yang Maha Berkehendak mampu membuat perasaan lebih tenang.
Demikianlah Tips Cara Menghilangkan Stress Berat yang bisa kita lakukan. Semoga Bermamfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar