Senin, 17 September 2012

Makanan Sehat Untuk Bumil (Ibu Hamil)

Makanan Sehat Untuk Bumil (Ibu Hamil). Menu makanan sehat atau makanan yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil adalah hal yang perlu diperhatikan agar perkembangan janin sampai perkembangan otak bayi dalam kandungan terpenuhi. Disamping itu dengan makanan sehat untuk ibu hamil juga membantu kondisi tubuh wanita yang sedang hamil agar tetap fit terjaga. Kali ini Blog Remaja akan share tips kesehatan tentang makanan sehat untuk ibu hamil agar gizi makanan ibu dan janin sehat.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil – Pola makanan dan asupan nutrisi harus seimbang bagi ibu hamil dapat mencegah komplikasi dan berbagai macam gangguan dalam kandungan. Jika ibu hamil menderita kekurangan gizi, maka akan menyebabkan bayi lahir dengan berat rendah dan beresiko mengalami IQ rendah serta gangguan tumbuh kembang. Berikut ini beberapa makanan ibu hamil agar terhindar dari gangguan kehamilan.


Inilah 5 Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil :
  1. Brokoli
    Brokoli dikenal sebagai sayuran yang mengandung banyak folate, serat, kalsium, lutein, zeaxanthin, serta karotenoid yang sangat bagus untuk membantu dalam perkembangan penglihatan. Sedangkan intuk potassium ternyata sangat membantu tekanan darah Anda dalam kondisi normal.  Brokoli dapat dimakan sebagai sayuran pendamping maupun sebagai camilan dengan cara  ditumis dengan olive oil.
  2. Kacang-kacangan
    Jenis makanan kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang merah, lentil, chickpeas, kedelai hingga kacang tanah dapat menjadi sumber sehat berbagai hal yang diperlukan tubuh seperti serat , protein, zat besi, folate, kalsium, dan juga zinc sehingga sangat cocok untuk ibu yang sedang hamil. Mineral-mineral tersebut amat diperlukan untuk tumbuh kembang janin di trimester pertama.
  3. Yoghurt
    Jika anda sebagai ibu sangat alergi atau mual minum susu saat sedang mengaundung atau hamil, cobalah untuk menggunakan yoghurt. Karena yoghurt mengandung banyak protein, kalsium, vitamin B dan juga zinc sehingga sangat sehat sekali. Kalsium yang terkandung dalam yoghurt cenderung lebih tinggi daripada yang dimiliki susu. Namun jika ternyata anda sendiri tidak suka dengan yoghurt tawar, Bisa juga menambahkan potongan buah berries, kurma, pisang,  maupun buah kering. Campuran makanan buah dengan yoghurt juga enak untuk dibuat smoothies.
  4. Daging
    Daging merupakan suber protein hewani, sumber vitamin B12, B6, dan niacin. Dan daging juga mengandung colin yang baik untuk membantu perkembangan otak dan fungsi kognitif janin. Anda bisa mencampuran daging dengan saus pasta, atau di dalam burger.
  5. Berries
    Keluarga berries (strawberry, blueberry,raspberry) ternyata sangat baik sekali untuk dikonsumsi setiap hari termasuk oleh ibu hamil. Karena makanan Berries mengandungbanyak vitamin C, potassium, folate, serat, dan juga antioksidan yang tinggi yang sudah pasti sehat.  Phytonutrien yang terdapat di dalam buah berries sangat bermanfaat sekali untuk menjaga sel tubuh si ibu dan calon buah hati dari kerusakan.
Demikianlah 5 jenis makanan sehat untuk bumil atau makanan-makanan sehat yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil muda. Semoga bermamfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar