Minggu, 30 September 2012

Ternyata Hujan Bintang 1 Oktober 2012 Isu HOAX

Ternyata Hujan Bintang 1 Oktober 2012 Isu HOAX - Pemberitaan mengenai kejadian aneh yaitu akan adanya hujan bintang 1 Oktober 2012 yang ramai disiarkan di dunia maya dibantah oleh peneliti LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional)

Seperti dikutip dari Media Indonesia pagi ini 1 Oktober 2012, peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa mengangganp isu tersebut sengaja disebarkan sebagai advetorial maya.

Demikian diungkap peneliti Astronomi dan Astrofisika LAPAN Emanuel Sugging Mumpuni. "Kemungkinan untuk keperluan publikasi film atau sejenisnya. Seperti film 2012 yang tayang tiga tahun lalu juga ada selentingan mengenai aktivitas tidak normal matahari, ya semacam itulah," ujar Sugging kepada Media Indonesia, Minggu (30/9).

Ia menegaskan tidak ada aktivitas astronomi yang signifikan belakangan ini. "Yang jelas bukan fenomena astronomi karena juga tidak ada peristiwa signifikan terjadi saat ini," tutur Sugging.

Hal ini ditegaskan kembali oleh Kepala Pusat Science Antariksa LAPAN, Clara Yono Yatini. Clara bahkan bingung dengan istilah fenomena 'hujan bintang' akan terjadi di seluruh Indonesia pada 1 Oktober 2012 mendatang. "Maksudnya itu hujan bintang atau hujan metor. Ini dua hal yang sangat berbeda," ujar Clara.

"Kalau yang dimaksud hujan bintang, ya tidak mungkin terjadi sekarang-sekarang ini. Tapi kalau hujan meteor mungkin saja terjadi setiap saat," tegasnya.

Pernyata senada ditegaskan Deputi Sains, Pengkajian, dan Informasi Kedirgantaraan Lapan, Thomas Djamaluddin. "Itu kan hanya advetorial," ujarnya.

Demikianlah Informasi ini, Saya selaku admin Blogtainment Remaja juga memohon maaf atas ketidak telitian dalam menerbitkan informasi terdahulu tentang akan terjadinya Hujan Bintang 1 Oktober 2012. Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar