Jumat, 14 Desember 2012

Bakso Daging Babi di Jakarta Resahkan Masyarakat

Bakso Daging Babi di Jakarta Resahkan Masyarakat - Isu adanya Bakso Daging Babi di sebagian pasar tradisional di Jakarta yang ditemukan di Pasar Cipete Jalan Damai Raya, Cipete Utara, Kebayoran Baru membuat resah masyarakat. Hal ini berimbas pada penurunan daya beli masyarakat pada Bakso dan daging Sapi.
Bakso Daging Babi di Jakarta Resahkan Masyarakat
Eka Prasetya Pemilik Pabrik Bakso Daging Babi Ditangkap
Seperti diketahui bahwa bahan utama bakso adalah daging sapi. Namun karena mahalnya harga daging sapi  Eka Prasetya (22) mencampur daging sapi dengan daging babi sebagai bakso, pemilik penggilingan bakso babi di Pasar Cipete resmi ditetapkan tersangka. Pelaku dijerat pasal berlapis dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara atau pidana denda sebesar Rp 2 miliar.

Hermawan mengatakan, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan hari ini, Eka terbukti mengoplos daging babi dengan ayam dan sapi dalam pembuatan bakso dan diedarkan kepada masyarakat di wilayah Jakarta Selatan.

Dia dijerat dengan Pasal 62 ayat 1 Jo Pasal 7 dan Pasal 8 ayat 1 huruf a UU RI No.8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen Jo Pasal 26 dan Pasal 27 perda DKI Jakarta No 8 Tahun 1989 tentang pengawasan pemotongan ternak, perdagangan ternak dan daging di DKI Jakarta.

Selain itu, pihak Kepolisian juga menyita barang bukti berupa 50 Kg daging babi dan 15 Kg daging olahan yang sudah digiling oleh pelaku. Saat ini petugas tengah melakukan pengembangan untuk mencari pemasok daging babi kepada tersangka Eka.

Cara Mengetahui Bakso Babi

Petugas UPT Laboratorium Kesehatan Masyarakat (Labkesmavet) Veteriner, Dr Kusniati Odilia mengatakan satu-satunya cara untuk mengetahui unsur tersebut hanya dengan melakukan penelitian di laboratorium.

"Daging dicincang, dikasih aqua bides pake test kit dicelupkan. Tidak sampai 20 menit ketahuan hasilnya. Kalau baksonya ada unsur daging babi, maka akan muncul garis dua. Sama seperti test pack kehamilan," ujar Kusniati di Pasar Tomang Barat, Jumat (14/12).

Bakso Daging Babi disebabkan Kelangkaan Daging Sapi dan Harganya Mahal
Terkait dengan hal ini APMISO mengadakan pertemuan dengan Ahok, Dalam pertemuan tadi, Ketua Apmiso Tri Setya Budiman mengaku omzet pedagang menurun sejak isu pencampuran daging babi pada bakso merebak.

"Omset turun, sangat sensitif bukan hanya kenaikan harga daging, mematikan," kata Tri usai bertemu Ahok di Balai Kota, Jakarta, Jumat (14/12).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan bertemu dengan Menteri Perindustrian MS Hidayat. Ahok akan mengusulkan impor daging sapi untuk mengatasi kelangkaan di Ibu Kota.
ref : merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar