Kamis, 20 Desember 2012

Tips Aman Melancong Ke Luar Negeri

Tips Aman Berwisata Ke Luar Negeri - Bagi anda yang gemar melakukan perjalanan baik itu keluar negeri seperti Singapura, Malaysia, Arab Saudi maupun ke suatu tempat yang belum pernah di kunjungi. Hal yang biasanya membuat kita membatalkannya adalah karena kita belum pernah mengunjunginya sehingga takut tersesat dan ragu akan keselamatan selama di perjalanan.

Tips Aman Melancong Ke Luar Negeri

Tips Aman Melancong Ke Luar Negeri
Berikut ini beberapa tips bagi anda yang ingin berwisata ke luar negeri maupun ke tempat yang asing bagi anda :
1. Gunakan Perlindungan (Asuransi)
Perlindungan Perjalanan yang dimaksud disini adalah menggunakan asuransi yang membantu melindungi Anda terhadap berbagai halangan tak terduga yang terjadi saat Anda bepergian, mulai dari penundaan penerbangan dan kehilangan/kerusakan bagasi hingga biaya medis bila mengalami kecelakaan. Saat ini banyak sekali maskapai penerbangan yang menyertakan perlindungan asuransi mulai dari asuransi keselamatan, sampai asuransi keterlambatan penerbangan

2. Jangan terlihat tersesat
Yang paling banyak ditakuti oleh turis atau wisatawan adalah tersesat. Jika memang benar-benar tersesat tapi jangan terlihat seperti itu! Saat berdiri di tepi jalan, berpura-puralah terlihat tahu Anda akan pergi ke mana, lalu pergilah ke toko atau restoran untuk minta petunjuk jalan. Namun jika petunjuk yang diberikan ternyata tidak benar dan kemalaman di suatu tempat, maka jangan ragu untuk pergi ke kantor Polisi. Karena disana lebih aman untuk tinggal di daerah yang masih asing

3. Jangan bawa barang berat-berat
Maksudnya, bawalah barang bawaan seperlunya saja. Dengan membawa hanya sedikit barang, Anda dapat bergerak lebih cepat. Anda juga tidak akan mudah lelah dan tidak terlalu sering menurunkan tas bawaan Anda yang mungkin tidak bisa setiap saat diawasi.   

4. Jangan nakal
Setiap negara memiliki budaya dan hukum yang berbeda. Usahakan mempelajari dasar-dasarnya. Ingat baik-baik, begitu Anda tidak mematuhi hukum di negara yang berbeda, akan sulit untuk mengeluarkan Anda dari jerat hukum!

5. Jangan lupa membaur
Kita semua adalah individu yang berbeda, tapi jangan biarkan benda-benda berharga Anda terlihat menonjol di mana orang lain, walaupun itu hanya tas tangan biasa atau sepasang sepatu. Anda tidak ingin dicirkan sebagai turis yang kaya raya sehingga menarik perhatian orang-orang jahat yang ingin kita hindari!

6. Jangan lupa lebih hati-hati
Bila Anda memang harus membawa barang-barang berharga, jangan letakkan semua dalam satu kantong, tapi letakkan di tempat berbeda. Coba masukkan ke dalam kantung di bagian dalam, dompet, ikat pinggang dompet yang dipakai di bawah pakaian Anda. Tempat rahasia paling oke untuk menyimpannya!

7. Jangan ragu gunakan lemari penyimpan di hotel
Bawa sedikit saja barang berharga dan kunci paspor, uang tunai dan kartu kredit di dalam lemari penyimpan di hotel ada alasannya mengapa lemari tersebut disediakan dan mengapa disebut sebagai lemari penyimpan barang berharga.   


8. Jangan lupa bawa buku catatan
Buat catatan nomor telepon darurat karena Anda mungkin memerlukan: polisi, pemadam kebakaran, hotel Anda dan kedutaan terdekat. Dan tentu saja nomor telepon Layanan Bantuan Perjalanan AirAsia Insure di seluruh dunia yang melayani 24 jam penuh.

9. Jangan lupa cek persyaratan visa
Sebelum melakukan perjalanan, silakan cek dulu apakah Anda memerlukan visa untuk negara yang akan Anda kunjungi atau transit. Jangan sia-siakan perjalanan Anda hanya untuk terjebak di suatu tempat.

10. Jangan ketiduran
Di sarana transportasi umum seperti bus dan kereta, terutama bila Anda membawa banyak barang bawaan. Anda mungkin akan terbangun dan menyadari semua barang Anda hilang atau malah tiba-tiba membawa benda terlarang di dalam tas bawaan Anda.

11. Jangan lupa tinggalkan pesan untuk keluarga
Buatlah seperti salinan jadwal perjalanan dan nomor kontak Anda. Dengan begitu mereka akan tahu kapan Anda akan kembali dan bagaimana bisa menghubungi Anda (sekalian mengingatkan Anda utuk membelikan oleh-oleh).

12. Jangan ambil jalan pintas
Kita suka menggunakan jalan pintas, tapi kali ini jangan. Selagi berada di negara asing, jalan pintas, gang sempit dan jalan yang gelap sebaiknya dihindari karena mirip seperti wabah penyakit.

13. Jangan ragu berkomunikasi
Pelajari beberapa kalimat dalam bahasa setempat atau tuliskan sehingga dapat Anda gunakan saat memerlukan bantuan polisi atau tenaga medis. Memiliki ponsel pintar juga langkah yang cerdas karena sekarang ini ada berbagai aplikasi yang bisa digunakan

14. Jangan pergi sendirian di malam hari
Bila Anda sendirian dan ingin pergi keluar di malam hari, cobalah pergi dengan pelancong lain dalam grup besar atau cari pemandu yang layak untuk membawa Anda ke tempat yang diinginkan.
 
15. Jangan terima permen dari orang asing
Nasehat ini mungkin lebih cocok untuk anak-anak, tapi juga berlaku untuk Anda. dalam hal ini termasuk makanan dan minuman lain. Orang-orang jahat terkenal suka mencampurkan zat-zat terlarang ke dalam makanan atau minuman kepada para pelancong.

16. Jangan melawan
Salah satu yang paling ditakuti adalah saat kita di rampok, berusahalah untuk tetap tenang. Jika perlu hindari daerah yang dikenal rawan akan penjambretan. Namun jika telah hal ini sudah terlanjur terjadi, maka jangan melawan jika karena perampok biasanya nekat apalagi terhadap orang asing.

Demikianlah beberapa tips aman melakukan perjalanan ke luar negeri atau tempat yang asing bagi kita. Semoga bermamfaat

ref : airasiainsure.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar